Laman

Rabu, 01 Juli 2015

pembelajaran kontekstual


Menurut Winataputra dalam Sugiyanto (2008: 7), model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembeajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Menurut Sugiyanto (2008: 9), kontekstual adalah model pembelajaran yang mendorong guru untuk menghubungkan dengan situasi dunia nyata siswa, selain itu juga mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sendiri-sendiri. Model kontekstual merupakan suatu model pembelajaran yang memayungi model-model pembelajaran yang lainnya. Belajar pada hakikatnya adalah bertanya dan menjawab pertanyaan.. Dalam pembelajaran kontekstual, guru tidak menyampaikan informasi begitu saja, tetapi memancing agar siswa mencari sendiri. Kegiatan bertanya dalam pembelajaran sangat berguna dalam menggali informasi tentang kemampuan penguasaan materi siswa, membangkitkan motivasi belajar, merangsang rasa ingin tahu, memfokuskan keinginan siswa, dan membimbing siswa untuk menemukan dan menyimpulkan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar