Menurut Winataputra dalam Sugiyanto (2008: 7), model pembelajaran
adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam
mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu,
dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembeajaran dan para
pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.
Menurut Sugiyanto (2008: 9), kontekstual adalah model pembelajaran
yang mendorong guru untuk menghubungkan dengan situasi dunia nyata siswa,
selain itu juga mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan
yang dimiikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sendiri-sendiri.
Model kontekstual merupakan suatu model pembelajaran yang memayungi
model-model pembelajaran yang lainnya.
Belajar pada hakikatnya adalah bertanya dan menjawab pertanyaan..
Dalam pembelajaran kontekstual, guru tidak menyampaikan informasi begitu saja,
tetapi memancing agar siswa mencari sendiri. Kegiatan bertanya dalam
pembelajaran sangat berguna dalam menggali informasi tentang kemampuan
penguasaan materi siswa, membangkitkan motivasi belajar, merangsang rasa ingin
tahu, memfokuskan keinginan siswa, dan membimbing siswa untuk menemukan
dan menyimpulkan sesuatu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar