ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan adaptive selling ditinjau dari locus
of control internal dan locus of
control eksternal pada sales
promotion girl (SPG). Penelitian ini dilakukan pada sales promotion girl PT
Moga Djaja Surabaya yang berjumlah 52 orang, dengan rentang usia 19 – 35 tahun.
Dengan kriteria judul di atas mengenai adaptive
selling, locus of control internal,
dan locus of control eksternal maka
peneliti memberikan 2 skala yaitu skala adaptive
selling dan skala locus of control yang disusun
berdasarkan indikator-indikator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitia ini adalah dengan menggunakan skala
Likert dengan teknik analisis data menggunakan Komparatif Non-Parametrik Mann-Whitney U-test dengan bantuan
program komputer statistic package for
social science (SPSS).
Bedasarkan
hasil Mann-Whitney U-test, diperoleh nilai
signifikansi 0.001 (0.001< 0.05). Selain itu nilai mean kelompok subjek locus of control internal yaitu
32.83 lebih tinggi daripada kelompok
subjek locus of control eksternal
yaitu 18.52. Artinya terdapat perbedaan adaptive
selling dinjau dari locus of control
pada sales promotion girl (SPG) dan
kecenderungan adaptive selling dari
kelompok subjek LoC internal lebih tinggi daripada kelompok subjek LoC
Eksternal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Kata
kunci: adaptive selling, locus of control
internal, locus of control eksternal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar