Laman

Minggu, 30 Juni 2013

Perbedaan adaptive selling ditinjau dari locus of control internal dan locus of control eksternal pada sales promotion girl (SPG) (Jurnal Psikologi)



ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan adaptive selling ditinjau dari locus of control internal dan locus of control eksternal pada sales promotion girl (SPG). Penelitian ini dilakukan pada sales promotion girl PT Moga Djaja Surabaya yang berjumlah 52 orang, dengan rentang usia 19 – 35 tahun. Dengan kriteria judul di atas mengenai adaptive selling, locus of control internal, dan locus of control eksternal maka peneliti memberikan 2 skala yaitu skala adaptive selling dan skala locus of control yang disusun berdasarkan indikator-indikator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitia ini adalah dengan menggunakan skala Likert dengan teknik analisis data menggunakan Komparatif Non-Parametrik Mann-Whitney U-test dengan bantuan program komputer statistic package for social science (SPSS).
Bedasarkan hasil Mann-Whitney U-test, diperoleh nilai signifikansi 0.001 (0.001< 0.05). Selain itu nilai mean kelompok subjek locus of control internal yaitu 32.83  lebih tinggi daripada kelompok subjek locus of control eksternal yaitu 18.52. Artinya terdapat perbedaan adaptive selling dinjau dari locus of control pada sales promotion girl (SPG) dan kecenderungan adaptive selling dari kelompok subjek LoC internal lebih tinggi daripada kelompok subjek LoC Eksternal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.


Kata kunci: adaptive selling, locus of control internal, locus of control eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar