Motivasi belajar adalah proses internal yang mengaktifkan, memandu, dan
mempertahankan perilaku dari waktu ke waktu. Individu termotivasi karena
berbagai alasan yang berbeda, dengan intensitas yang berbeda. Motivasi belajar
bergantung pada teori yang menjelaskan dan merupakan suatu konsekuensi dari
penguatan (reinforcement) suatu ukuran kebutuhan manusia suatu hasil dari
disonan atau ketidakcocokan suatu atribut dari suatu keberhasilan dan kegagalan
suatu harapan.
Motivasi belajar dapat didefinisikan sebagai kecenderungan untuk
mengupayakan keberhasilan dan memilih kegiatan yang berorientasi pada
keberhasilan. Siswa dapat termotivasi dengan orientasi ke arah tujuan dan
berusaha mendapatkan penilaian yang positif
(www.motivasibelajar.wordpress.com, 20 Mei 2009).
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah
kecenderungan untuk aktif dan mempertahankan perilaku dalam upaya
keberhasilan siswa dengan orientasi ke arah tujuan yang positif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar